P.S.Pudyastuti's Lovely Rooms…

Learning is a long-life process, so it's never late to learn…

Gas Rumah Kaca (II)

Leave a comment

Jenis gas rumah kaca yang lain adalah sebagai berikut :

4. Nitrous oxide (N2O), yang bisa berasal dari penguraian pupuk pertanian oleh mikroba, pembakaran bahan bakar fossil, dan pembakaran biomassa. Jenis gas rumah kaca yang satu ini tidak berwarna, tetapi berbau manis. Sumber utama N2O di atmosfer berasal dari pembakaran batubara. Gas N2O mempunyai umur yang panjang di atmosfer, yaitu sekitar 170 tahun. Secara alami, gas N2O dikeluarkan oleh lautan dan bakteri dalam tanah. Sejak era pra-industri, konsentrasi N2O di atmosfer telah meningkat sebesar 16%, dan saat ini konsentrasinya terus meningkat sebesar 0.25% setiap tahun, sehingga kontribusi N2O dalam pemanasan global sangat signifikan. Gas N2O ini sangat penting untuk dikurangi emisinya, karena gas N2O yang kita keluarkan saat ini akan tetap terperangkap di atmosfer dalam kurun waktu 100 tahun dihitung sejak saat ini. Berikut ini adalah grafik konsentrasi N2O sejak tahun 1750 sampai 2000 (sumber : envirolink) 

5. Chlorofluorocarbons (CFCs) dan hydrochlorofluorocarbons (HCFCs). Senyawa ini biasanya digunakan sebagai bahan pendingin pada lemari es, AC, foam insulation, aerosol sprays, dan larutan pembersih untuk industry. Senyawa ini melayang ke atmosfer lalu merusak lapisan stratospheric ozone yang menjadi perisai untuk melindungi bumi dari radiasi ultraviolet yang berbahaya. Saat ini CFCs dilarang di banyakn negara. HCFCs adalah pengganti CFCs. Sebenarnya HCFCs yang digunakan untuk lemari pendingin dan pendingin ruangan ini tidak merusak molekul ozone, tetapi senyawa ini memperangkap panas di atmosfer. Salah satu cara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang disebabkan oleh senyawa ini adalah dengan me-recycle bahan coolant-nya, dan jika ada kebocoran harus segera diperbaiki.

Sumber : John T. Hardy, 2003, Climate Change : Causes, Effects, and Solutions, John Wiley and Sons Ltd, England.

Author: P.S.Pudyastuti

I am an academic staff at Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Surakarta - Indonesia. I got my Bachelor Degree (ST) from Gadjah Mada University, Indonesia, and Master Degree (M.Sc) from Loughborough University, England. I am married and have got 3 children.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s