P.S.Pudyastuti's Lovely Rooms…

Learning is a long-life process, so it's never late to learn…

Kisah Sekelompok Katak

Leave a comment

Pada suatu ketika, ada rombongan katak yang berjalan-jalan melintasi hutan. Tiba-tiba dua ekor katak dalam rombongan tersebut jatuh ke dalam lubang yang dalam. Kemudian seluruh katak yang tidak terjatuh berkumpul mengeliling lubang tersebut, dan menengok ke dalam lubang. Ketika mengetahui betapa dalam lubang tersebut, mereka pun berkata kepada ke-dua ekor katak yang malang : “Kalian berdua tak akan pernah bisa keluar dari lubang tersebut”, kata mereka. Ke-dua katak yang malang tersebut tidak menghiraukan ucapan teman-temannya, dan berusaha untuk melompat keluar dari lubang.

Sementara itu katak-katak yang lain tetap menyuruh mereka untuk berhenti melompat, dan menyarankan lebih baik mereka berdua mati di dalam lubang tersebut. Akhirnya, salah satu katak yang malang tersebut mengikuti ucapan teman-temannya yang di atas lubang, dan menyerah. Katak yang malang itu pun terjatuh dan mati.

Sedangkan satu katak yang masih hidup di dalam lubang tetap meneruskan perjuangannya untuk melompat setinggi-tingginya yang dia bisa. Sekali lagi, teman-temannya yang di atas menyuruhnya untuk berhenti melompat agar terbebas dari rasa sakit dan penderitaan, dan lebih baik mati di dalam lubang itu saja. Namun si katak yang malang tersebut bukannya menyerah tetapi malah melompat lebih keras lagi, dan akhirnya si katak tersebut dapat keluar dari lubang. Ketika berhasil keluar dari lubang, teman-temannya yang lain bertanya “Mengapa kamu tetap meneruskan untuk melompat? Apakah kamu tidak mendengar teriakan kami?”

Si katak yang pantang menyerah itu kemudian menjelaskan ke teman-temannya bahwa dia adalah seekor katak yang tuli sehingga tidak mendengar apa pun yang mereka ucapkan. Saat masih di dalam lubang, katak tersebut berpikir bahwa teman-temannya berteriak-teriak memberinya semangat agar melompat setinggi mungkin untuk bisa keluar dari lubang pada saat itu.

Kisah katak ini memberi kita beberapa pelajaran, antara lain :

  1. Ada kekuatan kehidupan dan kematian dalam lidah kita. Kata-kata yang menyemangati seseorang yang sedang mengalami kejatuhan akan bisa mengangkat semangatnya dan menolongnya untuk terbebas dari kesulitan.
  2. Kata-kata yang mempunyai daya rusak (kata-kata yang membuat semangat hilang, hati terluka, dll) yang diucapkan kepada seseorang yang sedang mengalami kesulitan dan kejatuhan bahkan akan bisa membunuhnya. Berhati-hatilah dengan kata-kata yang kita ucapkan.

Mungkin kadang kita merasa kesulitan untuk memahami bahwa encouraging words bisa menolong seseorang. Dalam dunia pendidikan di negara-negara Barat, para guru sangat terbiasa mengeluarkan encouraging words untuk anak didiknya. Mudah-mudahan kita dikelilingi oleh saudara dan sahabat yang senang untuk memberi semangat dan menghibur saat kita sedang ditimpa kesulitan dan kejatuhan.

Sumber : disadur dari kisah The Frogs.

Author: P.S.Pudyastuti

I am an academic staff at Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Surakarta - Indonesia. I got my Bachelor Degree (ST) from Gadjah Mada University, Indonesia, and Master Degree (M.Sc) from Loughborough University, England. I am married and have got 3 children.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s