P.S.Pudyastuti's Lovely Rooms…

Learning is a long-life process, so it's never late to learn…

Lebaran 2010 di Newcastle

Leave a comment

Tahun lalu kami masih merayakan hari raya Idul Fitri di Jogja. Seperti tahun-tahun sebelumnya, saat-saat menjelang berakhirnya Ramadhan di Indonesia selalu ditandai dengan beberapa ciri khas. Fasilitas angkutan umum seperti bis, kereta api, kapal, dan pesawat terbang mengalami lonjakan jumlah penumpang saat menjelang dan beberapa hari setelah lebaran. Kemacetan lalu lintas terjadi di beberapa ruas jalan yang dipadati pemudik. Pasar tradisional dan pasar modern juga padat pengunjung saat menjelang lebaran. Harga bahan pokok mengalami kenaikan. Orang-orang yang menjajakan pecahan rupiah bertebaran di jalan-jalan utama di beberapa kota besar.

Tahun lalu kami masih menikmati kumandang takbir dari pengeras suara masjid yang letaknya hanya dipisahkan oleh sebuah gang kecil di sebelah Barat rumah kami di Wedomartani pada malam menjelang Idul Fitri. Anak-anak pun dengan suka cita berkeliling kampung untuk takbiran. Kembang api kecil-kecil juga dinyalakan oleh sebagian anak-anak di halaman rumah-rumah mereka. Di banyak keluarga, aneka hidangan khas lebaran juga dipersiapkan, seperti ketupat atau lontong, opor ayam, sambal goreng, kacang bawang, dan aneka kue kering. Sebagian orang-orang yang beruntung secara ekonomi juga berlomba-lomba membagi sedekah kepada mereka yang tidak beruntung.  Pada hari H, sholat Eid diadakan di masjid-masjid, lapangan-lapangan, atau alun-alun di seluruh pelosok tanah air. Setelah sholat Eid, tradisi saling bermaafan dan saling berkunjung di antara saudara dan sahabat merupakan kegiatan spesial saat lebaran.

Tahun ini, 1431 H atau 2010 tahun Masehi, kami merayakan Idul Fitri di rantau, yaitu di Newcastle upon Tyne, Inggris. Tak ada ciri khas seperti lonjakan penumpang angkutan umum, kemacetan, lonjakan harga bahan pokok dan lain-lain seperti yang saya sebut di awal tulisan di Newcastle ini. Dan alhamdulillah, Ramadhan tahun ini kami lalui dengan sangat menyenangkan. Tak satu hari pun kami ketinggalan makan sahur. Sampai hari terakhir puasa, kami masih tetap semangat untuk makan sahur. Puasa di musim panas juga kami lalui dengan tanpa hambatan. Jujur, kami lebih nikmat menjalani Ramadhan di Newcastle, karena pada sore menjelang buka puasa tidak ada penjual makanan di pinggir jalan yang menggoda nafsu untuk membeli makanan sebanyak-banyaknya. Menjelang lebaran, tak ada juga perang diskon di toko-toko yang menggoda nafsu belanja. Benar-benar jauh dari hiruk pikuk belanja lebaran.

Seperti saat merayakan lebaran di Jogja, kami juga tidak lupa menyalurkan zakat. Zakat kami salurkan melalui Muhammadiyah Cabang UK. Agar rasa lebaran ala Indonesia tetap bisa kami nikmati, saya juga menyiapkan beberapa makanan khas lebaran, seperti kue-kue kering, lontong, opor ayam, dan sambal goreng. Sebenarnya biasanya saat lebaran saya membuat ketupat, tetapi berhubung di Newcastle tidak ada penjual janur untuk pembungkus ketupat, jadi tidak bisa membuat ketupat. Tidak sulit untuk membuat lontong di Newcastle, karena ada beberapa toko China yang menjual daun pisang, walaupun dengan harga yang cukup mahal (1 pak daun pisang harganya 1.7 poundsterling). Kue-kue kering saya buat secara bertahap mulai seminggu menjelang lebaran, dengan dibantu oleh anak-anak.

Saat malam menjelang lebaran, tak ada takbir keliling kampung di Newcastle. Tak ada juga takbir dikumandangkan melalui pengeras suara masjid, karena memang ada larangan mengumandangkan adzan dan takbir menggunakan pengeras suara. Saat hari H, pada tanggal 10 September 2010, kami melakukan sholat Eid di Eldon Garden Leisure Center. Sholat Eid tersebut disiapkan oleh Islamic Student Society Newcastle University. Beberapa masjid yang ada di Newcastle juga menyelenggarakan sholat Eid. Hujan rintik-rintik mengiringi langkah kami menuju lokasi sholat Eid. Ternyata cukup banyak jamaah sholat Eid di Eldon Garden Leisure Center. Takbir kami kumandangkan di tempat yang pada hari biasa merupakan sport center tersebut. Sholat Eid di sini kemarin dimulai pada pukul 08.20 GMT. Setelah itu dilanjutkan dengan khotbah dalam bahasa Inggris. Setelah sholat Eid, makanan ringan seperti samosa dan buah-buahan serta juice disediakan untuk para jamaah, gratis.

Usai sholat Eid, kami berkunjung ke rumah sahabat, lalu dilanjutkan dengan silaturahmi bersama warga Indonesia di Newcastle di rumah salah seorang sahabat. Hidangan yang kami santap adalah hasil karya bersama para ibu dan mbak yang sama-sama merantau di Newcastle. Ada lontong, opor, sambal goreng, dendeng ragi, kerupuk, cream cheese cake, risoles, nastar, kaastengel, chocolate cornflake, dan es cendol. Acara silaturahmi cukup meriah, karena teman-teman non-Muslim juga kami undang. Anak-anak juga sangat gembira, karena ada beberapa game untuk mereka, lengkap dengan hadiah lebaran ala kadarnya. Walaupun mungkin tidak semeriah di Indonesia, di mana kami biasa berkumpul dengan orang tua dan sanak saudara saat lebaran, kami bisa menikmati lebaran tahun ini di Newcastle karena banyak sahabat di sini.

Selamat hari raya Idul Fitri 1431 saudara-saudaraku umat Muslim di mana pun berada, mohon maaf lahir dan batin. Taqabbalallahu minna wa minkum. Mudah-mudahan ibadah kita pada bulan Ramadhan yang lalu benar-benar bisa melatih kita untuk lebih bisa mengendalikan diri, mengendalikan nafsu, peduli pada sesama, dan lebih bertaqwa. Dan semoga Allah mengijinkan kita untuk bertemu Ramadhan tahun-tahun yang akan datang. Amin.

Salam lebaran dari Newcastle upon Tyne.

Author: P.S.Pudyastuti

I am an academic staff at Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Surakarta - Indonesia. I got my Bachelor Degree (ST) from Gadjah Mada University, Indonesia, and Master Degree (M.Sc) from Loughborough University, England. I am married and have got 3 children.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s