P.S.Pudyastuti's Lovely Rooms…

Learning is a long-life process, so it's never late to learn…

AIR

Leave a comment

Kita semua memahami bahwa air sebagai sumber kehidupan merupakan sumberdaya alam yang sangat penting bagi keberlanjutan makhluk hidup. Beruntunglah kita yang bisa dengan mudah mengakses air bersih. Dengan adanya air, kita bisa membersihkan diri, menanam berbagai komoditi untuk bahan kebutuhan pokok, melepaskan dahaga, menyiram toilet, menyiapkan makanan, menjalankan berbagai macam industri, menghasilkan energi, dan sebagainya. Hampir semua aspek kehidupan melibatkan air, sehingga air sangat vital untuk kehidupan kita. Sebagai ilustrasi, untuk menghasilkan 1 kg beras, petani kita membutuhkan sekitar 3000 – 3500 liter air untuk menanam padi sehingga menjadi 1 kg beras. Bayangkan kalau sumber air makin menipis karena makin banyak yang membutuhkan, bisa-bisa terjadi perang karena berebut air… (dan itu kabarnya sudah terjadi di beberapa tempat).

Di planet bumi tempat kita hidup ini, sekitar 75 % bagiannya terdiri dari air, yang berupa air laut, sungai, danau, dan sebagainya. Sekitar 97 % dari air yang ada di bumi adalah air asin, dan hanya 3 % air di bumi yang bisa digunakan sebagai sumber air bersih. Dari 3 % tersebut, 75 % merupakan air yang membeku sebagai es di kutub.

Tabel berikut ini memberikan gambaran distribusi ketersediaan air di bumi.

air%

Sedikit sekali ya persentase air bersih / air tawar (freshwater) di bumi….   :)

Seiring dengan laju pertumbuhan penduduk yang sangat pesat, maka kebutuhan air pun meningkat. Proyeksi jumlah penduduk dunia sampai 40 tahun ke depan mencapai 2 – 3 milyar, sehingga kebutuhan pangan diperkirakan akan meningkat 70 % sampai tahun 2050. Meningkatnya jumlah penduduk, otomatis diikuti dengan meningkatnya kebutuhan pangan dan kebutuhan lainnya. Dan peningkatan berbagai macam kebutuhan tersebut tentu juga mempengaruhi kebutuhan air.

Jika sumberdaya air tak dikelola dengan baik, tentu akan berdampak buruk bagi kehidupan semua makhluk hidup. Masalah yang banyak dihadapi saat ini terkait sumberdaya air adalah masalah tercemarnya sumber air, kesulitan akses terhadap sumber air, bencana akibat daya rusak air dan akibat kekurangan air, serta konflik terkait sumber air.

Saya sekeluarga kebetulan belum pernah merasakan kesulitan air bersih (dan berharap tak akan pernah). Saya sekeluarga bisa dengan mudah mendapatkan air untuk membersihkan diri, untuk menyiapkan makanan dan minuman, juga untuk membersihkan rumah, selimut, dsb sehingga kami bisa hidup sehat dan jauh dari penyakit. Tapi di belahan bumi yang lain, ada sekitar 783 juta penduduk mengalami kesulitan air bersih.

Sangat kecilnya persentase air bersih yang tersedia di bumi seharusnya membuat kita bisa mengelola sumber air bersih sebaik-baiknya. Dan mengetahui fakta bahwa ternyata untuk mendapatkan air pun tak mudah bagi sebagian manusia di bumi ini, maka sudah selayaknya kita menggunakan air dengan baik dan benar. Jangan buang air bersih secara sia-sia, jangan kotori sumber air dengan segala macam sampah dan limbah, tampung dan resapkan air hujan sebanyak mungkin semampu kita, dan sisihkan sedikit dari rejeki kita untuk membantu saudara-saudara kita memperbaiki akses terhadap sumber air di daerah-daerah rawan air.

Selamat Hari Air Sedunia yang ke-20…🙂

Newcastle, 22 Maret 2013

PSP

Author: P.S.Pudyastuti

I am an academic staff at Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Surakarta - Indonesia. I got my Bachelor Degree (ST) from Gadjah Mada University, Indonesia, and Master Degree (M.Sc) from Loughborough University, England. I am married and have got 3 children.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s