P.S.Pudyastuti's Lovely Rooms…

Learning is a long-life process, so it's never late to learn…

Membuat Boxplot Menggunakan R

Leave a comment

Untuk menampilkan data dalam bentuk grafik, ada beragam pilihan grafik yang bisa kita gunakan. Salah satunya adalah grafik berupa Box and Whisker Plot, atau biasa disingkat dengan boxplot. Pada grafik berupa boxplot, garis tengah di dalam boxplot menunjukkan median dari data. Jika posisi boxplot adalah vertikal, maka ekor paling atas menunjukkan nilai maksimum dari data, dan ekor paling bawah menunjukkan nilai minimum dari data. Sedangkan sisi atas dari box menunjukkan 25% upper quartile, dan sisi bawah dari box menunjukkan 25% lower quartile. Jika dalam suatu kumpulan data terdapat outliers, maka outliers tersebut akan digambarkan berupa titik di luar boxplot. Posisi dari garis tengah (median) menggambarkan skewness dari data.

Gambar berikut ini adalah contoh R script untuk menggambar boxplot dari data hujan tahunan di suatu jaringan stasiun pengukur hujan. Pada contoh data yang disimpan dalam file hujan2.csv, ada beberapa data yang kosong di beberapa stasiun. Contoh boxplot dalam tulisan ini adalah boxplot yang juga menampilkan nilai rata-rata data di dalam boxplot. Dalam contoh ini, nilai rata-rata dihitung dengan mengabaikan data yang kosong.

box-R-script

Setelah di-run, output dari script di atas adalah seperti gambar di bawah ini.

boxtahunan1

Titik merah dalam boxplot di atas menunjukkan nilai rata-rata dari contoh data. Sedangkan garis tengah berwarna hitam menunjukkan nilai median dari contoh data. Dengan melihat boxplot di atas, bisa dilihat karakter data di setiap contoh stasiun, apakah positively skewed atau negatively skewed.

Selamat mencoba.

 

Author: P.S.Pudyastuti

I am an academic staff at Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Surakarta - Indonesia. I got my Bachelor Degree (ST) from Gadjah Mada University, Indonesia, and Master Degree (M.Sc) from Loughborough University, England. I am married and have got 3 children.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s